Wednesday, April 15, 2015

Cerita Bahagia Seorang Ayah



Hello para ayah dan bunda dimanapun berada.

Bagaimana keadaan kalian dan si buah hati di rumah? 

Saya yakin semua dalam keadaan sehat selalu.

Rasanya hidup ini akan bahagia sekali jika kita sudah memiliki apa yang diidam-idamkan banyak orang  dalam rumah tangga. Istri atau suami yang baik, anak yang sholeh dan soleha. Apalagi jika kita telah memiliki rumah beserta kendaraan pribadi. Rasanya indah sekali, bukan? 

Aku sendiri selalu bersyukur atas karunia tuhan yang maha esa. Saat ini aku sudah memiliki istri yang baik dan selalu setia mendampingiku dalam keadaan susah dan senang. Aku juga sudah memiliki seorang anak laki-laki. Namanya Risky Al Farobbi. Kami tinggal di sebuah rumah yang sederhana dengan memiliki fasilitas kendaraan pribadi yang selalu setia menemani kami kemanapun kami pergi. Ayah dan bunda mau lihat foto anakku? 

Gimana, ganteng tidak anakku? Jangan-jangan para ayah dan bunda di rumah ingin  bilang bahwa motornya lebih  ganteng dari pada anakku. Hmmmmm tak masalah!!! Memang motornya ganteng dan keren. Tapi anakku juga ganteng , loh. Hehehe

Oh ya, motor yang foto bersama anakku itu adalah motor matic baru yang kami beli belum lama ini. Honda Vario Techno 125 eSP, inilah motor yang telah berhasil manarik  hatiku sehingga aku membelinya. Memang motor ini levelnya masih di bawah Honda  Vario Techno 150 eSP, tetapi aku senang sekali bisa memilikinya. Paling tidak aku bisa merasakan nikmatnya naik motor yang memiliki teknologi yang pintar atau smart technology ini.  Saat ini aku akan menceritakan kepada para ayah dan bunda di rumah tentang kebahagiaanku bersama teknologi pintar motor Honda yang terdapat pada motorku Honda Vario Techno 125 eSP

Namanya berumah tangga, sebuah kebahagiaan itu tidak hanya dirasakan oleh ayah dan bunda saja tetapi anak akan merasakannya juga.  Kebahagiaan memiliki Honda Vario Techno 125 eSP bukan saja dirasakan olehku dan istriku, tetapi juga oleh anakku.  Aku masih ingat perkataan anakku di hari pertama dia melihat motor baru kami. 

‘Ayah, besok antarin Risky ke sekolah pakai motor ini ya.’

Sebagai ayah yang baik, tentu aku mengiyakan permintaan anakku itu. Keesokan harinya, pada saat ingin berangkat ke sekolah, anakku tidak mau membawa tasnya dan dia memintaku untuk membawanya dan itu rasanya tidak mungkin. Hmmmm untung saja motor ini memiliki bagasi yang luas sehingga cukup untuk menyimpan tas dan botol air minum anakku. Otomatis anakku senang sekali karena dia bisa duduk dengan santainya di atas jok motor yang super empuk sambil memeluk pingganggku, tanpa harus membawa tas yang berisi buku-buku pelajaran. 
Joknya Empuk + Bagasi yang Luas
eSP (Enhanced Smart Power)
Di mesin motor Vario yang aku  miliki, terdapat   label tulisan eSP. Sebelumnya  aku tidak mengerti apa maksud dari tiga huruf tersebut. Setelah browising kesana kemari, ternyata eSP singkatan dari enhanced Smart Power. Teknologi ini membuat pembakaran bahan bakar lebih efisien dan membuat performa mesin menjadi prima serta mengurangi gas buang. Teknologi ini sudah terasa sekali ketika aku ingin menghidupkan mesin sebelum mengantar anakku ke sekolah. Suaranya halussss banget dan tidak ada suara berisik sama sekali. Sekali tekan starternya, mesin langsung hidup. Apalagi suara deru knalpot nyaris tak terdengar. Rupanya hal ini disebabkan oleh ACG Starter. ACG (Alternating Current Generator) adalah starter elektrik yang  merupakan gabungan dari generator dan starter sehingga wajar sekali jika suaranya halus pada saat mesin dihidupkan. Tuas gas juga tidak perlu ditarik dalam-dalam. Cukup ditarik sedikit saja, motor langsung jalan. Mantap pokoknya. 

Di  tengah  perjalanan menuju sekolah anakku bersama Honda Vario Techno 125 eSP, kesannya  beda sekali bila dibandingkan ketika aku naik motor matic biasa yang pernah kami miliki dulu. Ketika menaiki motor ini aku merasa gagah sekali.  Aku merasa begitu karena Honda Vario Techno 125 eSP yang aku miliki, memiliki desain yang macho dan keren. Dilihat dari sisi manapun, motor ini tetap keren. Baik itu dari samping, depan ataupun belakang, motor ini tetap menunjukan kesan keren, macho dan juga mewah. Kalau soal body, motor Honda yang aku miliki selalu bisa bekerjasama jika aku ingin nyalip sana sini. Berat bodynya juga seimbang. Maksudnya tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat. Jadi tidak  takut jatuh kalau lewat jalanan berlobang dan tidak terasa melayang kalau sedang dalam kecepatan tinggi.  

Idling Stop System
Ayah bunda pasti sudah akrab dengan yang namanya lampu merah, bukan? Aku sendiri ketika mengantar jemput anakku sekolah harus melewati 2 persimpagan berlampu merah. Jika lampu merah, pasti berhenti donk. Nah, mesin motorku mati dengan sendirinya ketika aku berhenti.  Idling Stop System (ISIS) yang membuat mesin motorku mati ketika berhenti lebih dari 3 detik. Jika ingin menghidupkan mesin kembali, cukup  dengan memutar tuas gas.  Pada saat motor berhenti, otomatis bahan bakan tidak terbuang secara percuma. 

Combi Brake System
Di perjalanan, aku dan anakku merasa aman sekali. Aku tidak merasa khawatir, jika suatu saat aku harus mengerem mendadak karena motor matic Honda memiliki Combi Brake System. System ini membuat  pengereman roda depan dan belakang akan menjadi lebih mudah. Hanya dengan menekan tuas rem belakang, secara otomatis rem depan ikut bekerja. Apalagi jika kita menekan tuas rem belakang dan tuas rem depan secara bersamaan, hmmmmm makin pakem remnya. Ayah bunda tidak percaya? Cobain deh! Selain itu jika berkendara di malam hari akan terasa lebih nyaman  karena motor matic Honda memiliki pencahayaan yang super terang dari LED Headlight yang dimiliki motor ini. Satu lagi yang mebuat saya merasa aman. Mau tau? Aku merasa aman dan tidak takut kena razia polisi lalulintas di jalan raya. Ayah bunda tau sendirilah bahwa pengendara sepeda motor itu harus tetap menghidupkan lampu depan walau di siang hari. Susahnya, kita-kita sering lupa menghidupkannya. Nah, untungnya motor matic Honda, pada saat mesin dihidupkan, lampu depan akan ikut menyala. Jadi tidak bakalan kena  tilang. Tetapi harus tetap pakai helm dan surat kendaraan  harus lengkap. Kalau tidak ayah bunda tau sendiri akibatnya hehehe. 

Aku juga pernah mencoba menaiki motor matic yang aku miliki pada saat aku ingin pergi ke daerah perkampungan yang jaraknya lumayan jauh dari rumahku. Orang banyak bilang bahwa motor matic itu cocoknya untuk di jalan yang mulus aja dan tidak berlobang. Dengan kata lain daerah perkotaan, gitu. Alasannya sih shockbeker matic itu lembut dan tidak cocok untuk jalan pedesaan dan banyak holenya. Tetapi motorku fine fine saja. Jadi tak masalah. Orang juga banyak mengatakan bahwa ban motor matic itu kecil, jadi kalau di jalanan berlobang akan terasa banget goyang. Akan tetapi aku tidak merasakan hal ini. Aku juga heran kok nggak terasa goyang jika melewati jalanan berlobang. Menurutku hal ini dikarenakan adanya kesesuaian berat kendaraan. Jadi walau ukuran ban kecil tidak akan terasa goyang karena diseimbangkan dengan berat kendaraannya. Menurutku sih begitu.  So, fine di jalanan berlobang dan it is okay juga jika dalam kecepatan tinggi. 

Pokoknya senang bin bahagia sekali jika menaiki motor matic Honda. Selain keren, suara halus, keamananpun terjamin. 

Rasa senang dan bahagia yang keluargaku dapat dari  teknologi pintar Honda tidak berhenti sampai di situ saja. Ternyata motor matic Honda itu irit sekali. Kalau berbicara soal irit, pasti tidak jauh dari soal uang. Karena super irit, pengeluaran keluarga menjadi berkurang. Dengan kata lain motor matic Honda mengerti sekali dengan isi  dompet para ayah sepertiku ini hehehe. Selain irit karena  adanya Idling Stop System yang bisa mencegah bahan bakar terbuang percuma, motor matic Honda bisa irit juga  karena  memiliki system PGM-FI. PGM-FI itu sendiri adalah singkatan dari Programmable Fuel Injection.  Sistem ini dapat memasok bahan bakar dan udara secara optimal sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna yang menyebabkan motor ini menjadi irit sekali hingga 56,3 KM/liter. Kalau kata istriku ‘Lumayankan bisa buat uang jajan anak.’ 

Ayah bunda di rumah sudah kenal belum dengan standar EURO. Standar ini adalah standar motor di Eropa yang mengatur kadar keluarnya emisi gas buang. Standar ini ada banyak macamnya. Setahu saya sih ada standar EURO 1 sampai 6. Sedangkan sepeda motor honda telah memenuhi standar EURO 3. Ketentuan standar EURO 3 untuk sepeda motor   adalah:
Kapasitas mesin di bawah 150 cc :
  • Kadar CO : 2.0 gram/km
  • Kadar HC : 0.8 gram/km
  • Kadar NOx: 0.15 gram/km
Kapasitas mesin di atas 150 cc :
  • Kadar CO : 2.0 gram/km
  • Kadar HC : 0.3 gram/km
  • Kadar NOx: 0.15 gram/km
Mengapa motor Honda bisa dikatakan telah memenuhi standar EURO 3? Karena motor ini telah memakai system PGM-FI yang tentunya ramah lingkungan. Jika telah memenuhi standar EURO 3, pastinya motor tersebut akan ramah lingkungan. Zaman sekarang ini, rasanya tidak etis jika kita hanya memikirkan kesenangan sendiri saja dan tidak memikirkan lingkungan. Bagaimana nasib  anak cucu kita nanti jika masalah lingkungan tidak kita sikapi dari sekarang ini. 

Perawatan motornya gimana?

Oh ya hampir lupa. Memang namanya kendaraan kalau dipakai terus pasti akan ada saja kurangnya. Suaranya kasar lah, catnya pudar lah, lecetlah dan lain sebagainya. Tetapi ayah bunda perlu tau bahwa semua hal itu tidak akan kita alami jika kita mau merawat motor tersebut dengan baik. Selama memakai motor Honda Vario Techno 125 eSP, aku tidak merasa kesulitan dalam merawat motorku. Ayah bunda mau tau apa yang aku lakukan guna merawat motor kesayanganku ini? 

1. Aku selalu memanaskan mesin motor di pagi hari sebelum aku menggunakannya.
2. Jangan lupa rutin kebengkel untuk service berkala. Service berkala sangat dianjurkan untuk merawat sepeda motor yang menggunakan  system PGM-FI, karena pada service berkala tersebut diharapkan adanya pemeriksaan beberapa kompenen penting yang memiliki peran dalam kinerja system PGM-FI, misalnya selang bahan bakar yang harus bersih, posisi klep injector, filter udara hingga kondisi busi.
3. Aku juga peka terhadap bunyi pada motorku. Ada bunyi-bunyi yang tak wajar sedikit saja, aku langsung cek sana sini dan mencari sumber dan penyebabnya lalu bisa ditindaklanjuti.  
4. Jika ada kerusakan, gantilah dengan suku cadang yang asli.
5. Satu hal yang tidak pernah aku lupakan adalah, aku selalu mencuci motorku dengan air tawar agar cat motor awet dan tetap kinclong. Jadi jangan di cuci dengan air susu ya hehehe.

Inilah cerita bahagiaku  bersama teknologi pintar Honda. Sudah panjang lebar ceritaku. Dari ceritaku di atas, aku pribadi bisa menyimpulkan bahwa teknologi pintar atau smart tencnology itu sama dengan teknologi  satu hati. Di mana teknologi tersebut harus satu hati  dengan pengguna teknologi itu sendiri. Satu hati di sini memiliki arti bahwa teknologi tersebut memahami dan bisa memenuhi apa yang diinginkan oleh penggunanya. Mulai dari kepuasan yang bisa diperoleh dari berbagai macam kelebihan dari teknologi tersebut dan juga rasa aman yang senantiasa menemani pemakai pada saat menggunakan teknologi tersebut. Selain itu teknologi pintar haruslah memikirkan  lingkungan sekitarnya. Semua ini sudah ada di semua skuter matic Honda. Termasuk Honda Vario Techno 125 eSp milikku. Hmmmm senangnya. Jadi sangat pantas jika slogan One Heart tersemat pada motor Honda. Sampai di sini dulu cerita sederhana ini, cerita bahagia seorang ayah bersama teknologi pintar Honda. Sampai jumpa. 



Referensi:

http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/
http://www.astramotor.co.id/artikel/honda-pgm-fi-7-keunggulan-sistem-teknologi-terbaru-pgm-fi
http://microsite.detik.com/minisite/hondasmarttechnology/about 
http://news.okezone.com/read/2013/07/03/52/831432/agustus-2013-indonesia-terapkan-standar-euro3 


No comments:

Post a Comment