Hello para ayah dan
bunda dimanapun berada.
Bagaimana keadaan
kalian dan si buah hati di rumah?
Saya yakin semua dalam
keadaan sehat selalu.
Rasanya hidup ini akan
bahagia sekali jika kita sudah memiliki apa yang diidam-idamkan banyak orang dalam rumah tangga. Istri atau suami yang
baik, anak yang sholeh dan soleha. Apalagi jika kita telah memiliki rumah
beserta kendaraan pribadi. Rasanya indah sekali, bukan?
Aku sendiri selalu
bersyukur atas karunia tuhan yang maha esa. Saat ini aku sudah memiliki istri
yang baik dan selalu setia mendampingiku dalam keadaan susah dan senang. Aku
juga sudah memiliki seorang anak laki-laki. Namanya Risky Al Farobbi. Kami tinggal di sebuah rumah yang sederhana
dengan memiliki fasilitas kendaraan pribadi yang selalu setia menemani kami
kemanapun kami pergi. Ayah dan bunda mau lihat foto anakku?
Gimana, ganteng tidak
anakku? Jangan-jangan para ayah dan bunda di rumah ingin bilang bahwa motornya lebih ganteng dari pada anakku. Hmmmmm tak
masalah!!! Memang motornya ganteng dan keren. Tapi anakku juga ganteng , loh.
Hehehe
Oh ya, motor yang foto
bersama anakku itu adalah motor matic baru yang kami beli belum lama ini. Honda Vario
Techno 125 eSP, inilah motor yang telah berhasil manarik hatiku sehingga aku membelinya. Memang motor
ini levelnya masih di bawah Honda Vario
Techno 150 eSP, tetapi aku senang sekali bisa memilikinya. Paling tidak aku
bisa merasakan nikmatnya naik motor yang memiliki teknologi yang pintar atau
smart technology ini. Saat ini aku akan
menceritakan kepada para ayah dan bunda di rumah tentang kebahagiaanku bersama teknologi pintar motor Honda yang terdapat pada motorku Honda Vario Techno 125 eSP.
Namanya berumah tangga,
sebuah kebahagiaan itu tidak hanya dirasakan oleh ayah dan bunda saja tetapi
anak akan merasakannya juga. Kebahagiaan
memiliki Honda Vario Techno 125 eSP bukan saja dirasakan olehku dan istriku,
tetapi juga oleh anakku. Aku masih ingat
perkataan anakku di hari pertama dia melihat motor baru kami.
‘Ayah, besok antarin
Risky ke sekolah pakai motor ini ya.’
Sebagai ayah yang baik,
tentu aku mengiyakan permintaan anakku itu. Keesokan harinya, pada saat ingin
berangkat ke sekolah, anakku tidak mau membawa tasnya dan dia memintaku untuk
membawanya dan itu rasanya tidak mungkin. Hmmmm untung saja motor ini memiliki
bagasi yang luas sehingga cukup untuk menyimpan tas dan botol air minum anakku.
Otomatis anakku senang sekali karena dia bisa duduk dengan santainya di atas
jok motor yang super empuk sambil memeluk pingganggku, tanpa harus membawa tas
yang berisi buku-buku pelajaran.
Joknya Empuk + Bagasi yang Luas |
eSP (Enhanced Smart Power) |
Di mesin motor Vario
yang aku miliki, terdapat label tulisan eSP. Sebelumnya aku tidak mengerti apa maksud dari tiga huruf
tersebut. Setelah browising kesana kemari, ternyata eSP singkatan dari enhanced
Smart Power. Teknologi ini membuat pembakaran bahan bakar lebih efisien dan membuat performa mesin menjadi prima serta mengurangi gas buang. Teknologi ini sudah terasa sekali ketika aku ingin
menghidupkan mesin sebelum mengantar anakku ke sekolah. Suaranya halussss
banget dan tidak ada suara berisik sama sekali. Sekali tekan starternya, mesin
langsung hidup. Apalagi suara deru knalpot nyaris tak terdengar. Rupanya hal ini disebabkan oleh ACG Starter. ACG
(Alternating Current Generator)
adalah
starter elektrik yang merupakan gabungan
dari generator dan starter sehingga wajar sekali jika suaranya halus pada saat
mesin dihidupkan. Tuas gas juga tidak perlu ditarik dalam-dalam. Cukup ditarik
sedikit saja, motor langsung jalan. Mantap pokoknya.
Di tengah perjalanan menuju sekolah anakku bersama Honda Vario Techno 125 eSP, kesannya beda
sekali bila dibandingkan ketika aku naik motor matic biasa yang pernah kami
miliki dulu. Ketika menaiki motor ini aku merasa gagah sekali. Aku merasa begitu karena Honda Vario Techno 125 eSP yang aku
miliki, memiliki desain yang macho dan keren. Dilihat dari sisi manapun, motor
ini tetap keren. Baik itu dari samping, depan ataupun belakang, motor ini tetap
menunjukan kesan keren, macho dan juga mewah. Kalau soal body, motor Honda yang
aku miliki selalu bisa bekerjasama jika aku ingin nyalip sana sini. Berat
bodynya juga seimbang. Maksudnya tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat.
Jadi tidak takut jatuh kalau lewat
jalanan berlobang dan tidak terasa melayang kalau sedang dalam kecepatan
tinggi.
Idling Stop System |
Ayah bunda pasti sudah
akrab dengan yang namanya lampu merah, bukan? Aku sendiri ketika mengantar
jemput anakku sekolah harus melewati 2 persimpagan berlampu merah. Jika lampu
merah, pasti berhenti donk. Nah, mesin motorku mati dengan sendirinya ketika
aku berhenti. Idling Stop System (ISIS)
yang membuat mesin motorku mati ketika berhenti lebih dari 3 detik. Jika ingin
menghidupkan mesin kembali, cukup dengan
memutar tuas gas. Pada saat motor
berhenti, otomatis bahan bakan tidak terbuang secara percuma.
Combi Brake System |
Di perjalanan, aku dan
anakku merasa aman sekali. Aku tidak merasa khawatir, jika suatu saat aku harus
mengerem mendadak karena motor matic Honda memiliki Combi Brake System. System ini membuat pengereman roda depan dan belakang akan menjadi lebih mudah. Hanya dengan
menekan tuas rem belakang, secara otomatis rem depan ikut bekerja. Apalagi jika
kita menekan tuas rem belakang dan tuas rem depan secara bersamaan, hmmmmm
makin pakem remnya. Ayah bunda tidak percaya? Cobain deh! Selain itu jika
berkendara di malam hari akan terasa lebih nyaman karena motor matic Honda memiliki pencahayaan yang super terang dari LED Headlight yang dimiliki motor
ini. Satu lagi yang mebuat saya merasa aman. Mau tau? Aku merasa aman dan
tidak takut kena razia polisi lalulintas di jalan raya. Ayah bunda tau
sendirilah bahwa pengendara sepeda motor itu harus tetap menghidupkan lampu
depan walau di siang hari. Susahnya, kita-kita sering lupa menghidupkannya.
Nah, untungnya motor matic Honda, pada saat mesin dihidupkan, lampu depan akan
ikut menyala. Jadi tidak bakalan kena tilang. Tetapi harus tetap pakai helm
dan surat kendaraan harus lengkap. Kalau
tidak ayah bunda tau sendiri akibatnya hehehe.
Aku juga pernah mencoba
menaiki motor matic yang aku miliki pada saat aku ingin pergi ke daerah
perkampungan yang jaraknya lumayan jauh dari rumahku. Orang banyak bilang bahwa
motor matic itu cocoknya untuk di jalan yang mulus aja dan tidak berlobang.
Dengan kata lain daerah perkotaan, gitu. Alasannya sih shockbeker matic itu
lembut dan tidak cocok untuk jalan pedesaan dan banyak holenya. Tetapi motorku
fine fine saja. Jadi tak masalah. Orang juga banyak mengatakan bahwa ban motor
matic itu kecil, jadi kalau di jalanan berlobang akan terasa banget goyang. Akan
tetapi aku tidak merasakan hal ini. Aku juga heran kok nggak terasa goyang jika
melewati jalanan berlobang. Menurutku hal ini dikarenakan adanya kesesuaian berat
kendaraan. Jadi walau ukuran ban kecil tidak akan terasa goyang karena
diseimbangkan dengan berat kendaraannya. Menurutku sih begitu. So, fine di jalanan berlobang dan it is okay
juga jika dalam kecepatan tinggi.
Pokoknya senang bin
bahagia sekali jika menaiki motor matic Honda. Selain keren, suara halus,
keamananpun terjamin.
Rasa senang dan bahagia
yang keluargaku dapat dari teknologi pintar Honda tidak berhenti sampai di situ saja. Ternyata motor matic Honda itu
irit sekali. Kalau berbicara soal irit, pasti tidak jauh dari soal uang. Karena
super irit, pengeluaran keluarga menjadi berkurang. Dengan kata lain motor
matic Honda mengerti sekali dengan isi dompet para ayah sepertiku ini hehehe. Selain irit karena adanya Idling Stop System yang bisa mencegah
bahan bakar terbuang percuma, motor matic Honda bisa irit juga karena memiliki system PGM-FI. PGM-FI itu sendiri
adalah singkatan dari Programmable Fuel Injection. Sistem ini dapat memasok bahan bakar dan udara
secara optimal sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna yang menyebabkan
motor ini menjadi irit sekali hingga 56,3 KM/liter. Kalau kata istriku ‘Lumayankan
bisa buat uang jajan anak.’
Ayah bunda di rumah
sudah kenal belum dengan standar EURO. Standar ini adalah standar motor di
Eropa yang mengatur kadar keluarnya emisi gas buang. Standar ini ada banyak
macamnya. Setahu saya sih ada standar EURO 1 sampai 6. Sedangkan sepeda motor
honda telah memenuhi standar EURO 3. Ketentuan standar EURO 3 untuk sepeda
motor adalah:
Kapasitas mesin di bawah 150
cc :
- Kadar CO : 2.0 gram/km
- Kadar HC : 0.8 gram/km
- Kadar NOx: 0.15 gram/km
Kapasitas mesin di atas 150
cc :
- Kadar CO : 2.0 gram/km
- Kadar HC : 0.3 gram/km
- Kadar NOx: 0.15 gram/km
Mengapa motor Honda bisa dikatakan telah memenuhi standar EURO 3? Karena motor ini telah memakai
system PGM-FI yang tentunya ramah lingkungan. Jika telah memenuhi standar EURO
3, pastinya motor tersebut akan ramah lingkungan. Zaman sekarang ini, rasanya
tidak etis jika kita hanya memikirkan kesenangan sendiri saja dan tidak
memikirkan lingkungan. Bagaimana nasib anak cucu kita nanti jika masalah
lingkungan tidak kita sikapi dari sekarang ini.
Perawatan motornya
gimana?
Oh ya hampir lupa.
Memang namanya kendaraan kalau dipakai terus pasti akan ada saja kurangnya.
Suaranya kasar lah, catnya pudar lah, lecetlah dan lain sebagainya. Tetapi ayah
bunda perlu tau bahwa semua hal itu tidak akan kita alami jika kita mau merawat
motor tersebut dengan baik. Selama memakai motor Honda Vario Techno 125 eSP,
aku tidak merasa kesulitan dalam merawat motorku. Ayah bunda mau tau apa yang
aku lakukan guna merawat motor kesayanganku ini?
1. Aku selalu
memanaskan mesin motor di pagi hari sebelum aku menggunakannya.
2. Jangan lupa rutin
kebengkel untuk service berkala. Service berkala sangat dianjurkan untuk
merawat sepeda motor yang menggunakan
system PGM-FI, karena pada service berkala tersebut diharapkan adanya
pemeriksaan beberapa kompenen penting yang memiliki peran dalam kinerja system
PGM-FI, misalnya selang bahan bakar yang harus bersih, posisi klep injector,
filter udara hingga kondisi busi.
3. Aku juga peka
terhadap bunyi pada motorku. Ada bunyi-bunyi yang tak wajar sedikit saja, aku
langsung cek sana sini dan mencari sumber dan penyebabnya lalu bisa
ditindaklanjuti.
4. Jika ada kerusakan,
gantilah dengan suku cadang yang asli.
5. Satu hal yang tidak
pernah aku lupakan adalah, aku selalu mencuci motorku dengan air tawar agar cat
motor awet dan tetap kinclong. Jadi jangan di cuci dengan air susu ya hehehe.
Inilah cerita
bahagiaku bersama teknologi pintar Honda. Sudah panjang lebar ceritaku. Dari ceritaku di atas, aku pribadi bisa
menyimpulkan bahwa teknologi pintar atau smart tencnology itu sama dengan
teknologi satu hati. Di mana teknologi
tersebut harus satu hati dengan pengguna
teknologi itu sendiri. Satu hati di sini memiliki arti bahwa teknologi tersebut
memahami dan bisa memenuhi apa yang diinginkan oleh penggunanya. Mulai dari
kepuasan yang bisa diperoleh dari berbagai macam kelebihan dari teknologi
tersebut dan juga rasa aman yang senantiasa menemani pemakai pada saat
menggunakan teknologi tersebut. Selain itu teknologi pintar haruslah
memikirkan lingkungan sekitarnya. Semua
ini sudah ada di semua skuter matic Honda. Termasuk Honda Vario Techno 125 eSp milikku. Hmmmm senangnya.
Jadi sangat pantas jika slogan One Heart tersemat pada motor Honda. Sampai di
sini dulu cerita sederhana ini, cerita bahagia seorang ayah bersama teknologi pintar Honda. Sampai jumpa.
Referensi:
http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/
http://www.astramotor.co.id/artikel/honda-pgm-fi-7-keunggulan-sistem-teknologi-terbaru-pgm-fi
http://microsite.detik.com/minisite/hondasmarttechnology/about
http://news.okezone.com/read/2013/07/03/52/831432/agustus-2013-indonesia-terapkan-standar-euro3
No comments:
Post a Comment